Minggu, 30 Desember 2012

Mencintai Pelajaran yang Tidak Dicintai

Sebenarnya artikel ini belum selesai, tapi berasa udah macet sama ide-ide dan inspirasi untuk menuliskan artikel ini. kenapa? karena saya bukan psikolog. saya hanya menuangkan apa yang saya alami dan solusi bijak setelah merenungkan segala sesuatunya yang pernah terjadi, dan saya hanya ingin berbagi pengalaman 
***
Mencintai Pelajaran yang Tidak Dicintai
                Tugas seorang pelajar adalah belajar. Dan memperoleh ilmu merupakan tujuan utama para pelajar dalam belajar meskipun tujuan ini kadang-kadang melenceng menjadi memperoleh nilai. Baik untuk memperoleh ilmu maupun nilai, seorang pelajar tetaplah harus belajar untuk mendapatkan ilmu dan nilai yang memuaskan.
                Dewasa ini mata pelajaran yang dibebankan bagi siswa-siswi semakin banyak, maka semakin banyak pula waktu dan tenaga yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kriteria ketuntasan minimal atau KKM masing-masing mata pelajaran. Tentu saja dalam usaha pencapaian nilai yang maksimal para siswa sering mengalami berbagai hambatan eksternal maupun internal. Hambatan eksternal meliputi kurangnya sarana prasarana dalam belajar, fasilitas yang kurang memadai, guru atau dosen yang kadang kurang matching dengan siswa, lingkungan belajar dan berbagai factor lainya. Sedangkan factor internal antara lain kondisi psikologis siswa, tingkat kerajinan siswa, tingkat antusiasme siswa terhadap suatu mata pelajaran dan lain lain.
                Sekarang mari kita amati bersama-sama factor internal yaitu tingkat antusiasme siswa terhadap suatu mata pelajaran. Antusiasme siswa siswa terhadap matapelajaran dipengaruhi oleh beberapa hal yang sepertinya sudah kita alami bersama selama kita menjadi pelajar, hal tersebut antara lain adalah mampu tidaknya siswa dalam memahami hal yang harus dipelajari dan cara penyampaian dari seorang guru.
                Tidak menyukai bahkan membenci  suatu mata pelajaran harus sangat dihindari oleh siswa karena berdampak buruk pada proses belajar. Terkadang factor teberat sebagai penyebab tidak disukainya suatu mata pelajaran adalah materi didalamnya yang terkadang membutuhkan konsentrasi penuh untuk memahaminya serta berbagai soal dengan begitu rumitnya rumus dan perhitungan untuk menyelesaikanya. Dalam hal ini memang cukup sulit untuk dihadapi mengingat pemikiran masing-masing siswa yang berbeda dalam menganggapi pelajaran yang mereka anggap “susah”.

*tobe continued
Share:

1 komentar:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus